Home » News » Perbandingan Ikan Koki Jepang vs Ikan Koki Cina

Perbandingan Ikan Koki Jepang vs Ikan Koki Cina

Ikan mas koki menjadi ikan hias yang banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan karena tampilannya cantik. Umumnya, orang kerap membandingkan antara ikan koki Jepang vs. koki Cina, karena keduanya unggul dan menarik sehingga membuat bingung ingin memilih yang mana.

Cara berenang ikan pun lebih terlihat anggun dengan dukungan dari sirip dan ekornya. Selain itu, warna ikan yang terang dan mencolok akan mempercantik ruangan jika dipasang dalam aquarium.

Maka dari itu, agar tidak bingung, Anda bisa memahami perbedaan yang terlihat antara ikan mas koki dari Jepang dengan ikan mas koki dari Cina dalam pembahasan berikut!

Perbedaan Ikan Koki Jepang vs. Koki Cina

Bila ingin memelihara ikan mas koki namun masih bimbang memilih tipe yang mana, perhatikan ciri-ciri ikan yang berbeda di bawah ini:

Ikan Koki Jepang

ikan koki jepang
Source : artfullywalls

Koki Jepang yang paling terkenal adalah Ryukin. Umumnya, bentuk tubuh koki ini mungil dan pendek, mulai dari 21 cm sampai 30 cm.  Lalu, siripnya lebar dan memiliki punuk di punggungnya.

Apabila Anda rawat dengan baik, koki Jepang dapat bertahan hidup hingga 10 sampai 15 tahun. Lalu, warna tubuh orange, merah, putih, dan kuning, perpaduannya terlihat unik dan memikat mata.

Nama lain Ryukin antara lain Veltail, Ribbontail, Fringetail, hingga Fantail. Kemudian, sirip koki ini juga dua kali lebih panjang jika Anda bandingkan dengan panjang tubuhnya.

Moncong koki Jepang lancip, dengan tubuh yang bungkuk. Sifat koki Jepang cenderung agresif, terutama ketika ingin mendapatkan makanan akan berenang lebih cepat.

Ikan Koki Cina

ikan koki china
Source : mygoldfishisalive

Adapun koki Cina memiliki jenis kepala variatif, seperti kepala macan, kepala singa, hingga kepala kodok. Mata koki juga bermacam ragam, mulai dari mata dengan kornea transparan, mata merah, hingga mata itik mandarin.

Perbandingan koki Jepang vs. koki Cina juga bisa dilihat dari tipe sisiknya. Pada koki Cina, sisik bisa tiga macam jenisnya mulai dari sisik transparan, sisik mutiara, hingga sisik normal.

Sedangkan, variasi warna ikan ini lebih condong ke warna hitam, merah, lalu kuning, serta kombinasi warna putih dan merah.

Begitulah perbedaan koki Jepang vs. koki Cina yang bisa Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Bagaimana? Mudah bukan, untuk mengenali perbedaan keduanya?

Bila ingin membeli pakan ikan mas koki, Anda dapat percayakan pada Golden Westindo saja. Tersedia pakan berkualitas dengan penerapan bioteknologi untuk pemenuhan nutrisi sekaligus perkembangan fisik ikan, terutama di bagian kepalanya, sehingga ikan terlihat semakin menarik.

Makanan ikan koki dari Hikari Goldenwestindo adalah pilihan terdepan untuk merawat ikan koki Anda dengan kelembutan dan keahlian. Dengan formula yang dikembangkan secara eksklusif untuk ikan koki, makanan ini mengandung bahan-bahan berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan optimal, warna yang cerah, dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kombinasi pengetahuan ilmiah dan pengalaman panjang Hikari Goldenwestindo menjadikan produk ini sebagai pilihan terpercaya bagi para hobi ikan koki yang peduli akan kesehatan dan kecantikan ikan peliharaan mereka. Dengan makanan ikan koki Cina dan Jepang dari Hikari Goldenwestindo, Anda dapat yakin bahwa ikan koki Anda akan mendapatkan nutrisi terbaik yang mereka butuhkan untuk berkembang dengan prima dan menjadi pusat perhatian dalam akuarium Anda.

Table Of Contents

Related Post

logo golden west artemia
logo bernaqua
logo hikari
logo eheim

For more information please send us a massage.

We specialize in premium Aquaculture, Aquatic & Equipment Product
Puri Indah Financial Tower Lt 20 Unit 9-11 Jakarta, RT.1/RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610
Contact
  • (021) 535 7888
  • contact@goldenwestindo.com
Copyright © 2017 - 2024 PT. Golden Westindo Artajaya. All Rights Reserved.